Posts

Pembelajaran Matematika

PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sagala (2005: 61) mendefinisikan pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan suatu penentu utama keberhasilan pendidikan. Pendidikan adalah upaya sadar yang dilakukan agar siswa dapat mencapai tujuan tertentu. Untuk melengkapi tentang pembelajaran matematika perlu terlebih dahulu dipahami apa yang dimaksud dengan belajar dan mengajar. Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan (Djamarah dan Zain, 2006: 11). Sedangkan menurut Hilgard dan Bower (Fathurrohman dan Sutikno, 2007) mengemukakan bahwa belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang–ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon

Pengertian Matematika

PENGERTIAN MATEMATIKA Matematika pertama kali diambil dari perkataan Yunani ‘’ mathein ’’ atau ‘’ mathenein ’’ yang mengandung arti belajar atau berpikir   (Suherman dkk, 2001: 18). Di Indonesia pada awalnya matematika disebut dengan ‘’ilmu pasti’’   dengan berbagai istilah cabang   matematika seperti ilmu ukur, aritmatika, geometri, trigonometri, streometri, aljabar, dan kalkulus. Karena cukup lama digunakan istilah ilmu pasti maka matematika seolah–olah terkotak–kotak yang tidak saling berhubungan sama sekali. Dimana penggunaan ilmu pasti menimbulkan kesan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran tentang perhitungan–perhitungan yang memberikan hasil pasti dan tunggal, oleh karena itu ilmu pasti harus ditiadakan. Setelah mengalami perkembangan maka istilah ilmu pasti yang pada waktunya akan ditiadakan, maka dengan adanya konsep–konsep matematika yang dapat dipahami dan mudah dimanipulasi secara tepat, maka digunakan notasi dan istilah yang disepakati bersama secara

Ibu... Aku Rindu...

Image
Tangisanku adalah irama indah yang temani hari-harinya.. Hembusan kata-kata cinta, ia tanamkan dalam jiwa indahku.. Bagai embun pagi yang menyejukkan mata hati, ialah senyuman yang takkan terganti.. Ia adalah bayanganku yang takkan beranjak jauh dariku.. Aku hanya bisa menangis memanggilnya.. Namun lihatlah ia,tiada raut keluh sinari parasnya,Walau lelah jiwa hadir menyapanya kala itu.. Wanita terindah yang menyentuhku, ialah ibu.. Luluh hati ketika menatap indahnya ia..Hingga tangispun sirna memekar senyum kecilku.. Sungguh aku tak sanggup melukiskan indahnya anugrah itu.. Ialah lukisan cerita hati yang takkan hilang memelukKu, karena ia adalah ibuku.. Aku teringat ucap kasihnya kala itu.. "Timang..Timang.. Anakku sayang" Aku tak mengerti apa makna dari kalimat itu.. Namun entah mengapa aku terlelap, mendengar senandung irama indah yang dilukiskan olehnya dimimpiku.. Mama,ibu,bunda,b

Ujian Cinta Kita

Image
Rasa lelah semakin mengharu biru dalam perasaanku Lelah,,, Dengan kenyataan hidup Lelah,,, Dengan sikapmu yang selalu memojokanku Kasih... Tak taukah kau...! Bahwa aku insan lemah tiada berdaya Dapat tumbang oleh keadaan Dapat hanyut oleh kecemburuan Dapat terkapar karna keegoisan Jangan paksakan aku untuk terus berjalan Diantara tumpukan rasa penyesalan Yang tanpa kita sadar Semua itu akan meruntuhkan istana cinta kita Yang telah lama kita dirikan Jangan terus-terusan mencari kesalahan diantara kita berdua Cinta tak selamanya indah Cinta tak selamanya merasakan kebahagiaan Seperti apa kita inginkan Kan kita temukan Kepahitan diperjalanannya Karna itu satu ujian untuk cinta kita Kekasihku... Tataplah bening bola mataku Yakinkanlah... Bahwa aku mencintaimu Hilangkan rasa curiga serta cemburu dalam hatimu Karena semua itu hanya akan merenggangkan hubungan antara AKU... dan KAMU... ###

Semua Demi Cinta

Image
Maaf, aku telah menyakitimu Ku telah kecewakanmu Bahkan aku sia - siakan hidupku, dan kubawa kau seperti diriku Walau hati ini terus menangis Menahan kesakitan ini... Tapi ku lakukan semua demi cinta Akhirnya juga harus ku relakan kehilangan cinta sejatiku Segalanya telah ku berikan Juga semua kekuranganku Jika memang ini yang terbaik Untuk diriku dan dirinya Kan ku t'rima semua demi cinta Jujur, aku tak kuasa, saat terakhir ku genggam tanganmu Namun yang pasti terjadi, kita mungkin tak bersama lagi Bila nanti esok hari Ku temukan dirimu bahagia Ijinkan aku titipkan kisah cinta kita selamanya...  #Unknow Publication

Desember Kelabu

Image
Dirimu yang daHulu yang selAlu aku banggakan… Kini meNjadi duka yang meNyisakan…. Rias wajAhmu bak Embun paGi yang meneduhkan…. Kini meNjadi aiR bisa ular yaNg meluMpuhkan…. SenyUmmu yang selaLu menghiasi hAri-hAriku… Kini berubah menjadi gEtir hari-haRiku… Bulan DESEMBER bulan begitu banyak KENANGAN yang sekaligus membahAgiakan KITA… Saatku berdua dengan dirimu DULU…. Tak ku saDari diriku telAh terbuai dalam khAyalan tiNgkat tinggi yang roMantis…. Tetapi kini telah menjadi kenyataan yang pahit…. Duniaku yg dahUlu kelam meNjadi berWArna kembali karena kehAdiranmu… Tapi kini kau telah redupkan kembali…. Ku akui kutElah terjatuh dalam lamunan yang tak berujung... Dan tak bertepi yang tak tahu dimana ujungnya…. Bulan DESEMBER adalah bulan penutupan akhir tahun... Dan Menjadi penUtupan pula kisah diaNtara KITA…. Semua yAng dahulu berwarna dan berseri… Kini telah beruBah menjadi hitam dan Kelabu…. Seakan gelap gulita mewarnai hari-hari ku…. DESEMBE

Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran

Pendekatan,Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran o leh: Akhmad Sudrajat Dalam proses pembelajaran dikenal beberapa istilah yang memiliki kemiripan makna, sehingga seringkali orang merasa bingung untuk membedakannya. Istilah-istilah tersebut adalah: (1) pendekatan pembelajaran, (2) strategi pembelajaran, (3) metode pembelajaran; (4) teknik pembelajaran; (5) taktik pembelajaran; dan (6) model pembelajaran. Berikut ini akan dipaparkan istilah-istilah tersebut, dengan harapan dapat memberikan kejelasaan tentang penggunaan istilah tersebut. Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yait