Pembelajaran Matematika
PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sagala (2005: 61) mendefinisikan pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan suatu penentu utama keberhasilan pendidikan. Pendidikan adalah upaya sadar yang dilakukan agar siswa dapat mencapai tujuan tertentu. Untuk melengkapi tentang pembelajaran matematika perlu terlebih dahulu dipahami apa yang dimaksud dengan belajar dan mengajar. Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan (Djamarah dan Zain, 2006: 11). Sedangkan menurut Hilgard dan Bower (Fathurrohman dan Sutikno, 2007) mengemukakan bahwa belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang–ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon