Hakikat pembelajaran matematika
A. Hakikat pembelajaran matematika Baharudin dan Esa Nur Wahyuni (2007: 12) mengungkapkan bahwa belajar merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan dalam dirinya melalui pelatihan-pelatihan atau pengalaman-pengalaman . Sedangkan menurut Hamalik (2008: 28) bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui pelatihan atau pengalaman berinteraksi dengan lingkungan. Menurut Sagala ( 200 6 : 9 ) mengajar adalah s uatu proses yaitu mengatur, menggorganisasikan lingkungan disekitar anak didik melakukan proses belajar mengajar. Selain itu menurut Sudjana ( dalam Djamarah dan Zain 2006:45 ) mengajar adalah proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam melakukan proses belajar. Hal ini juga diperkuat oleh Hamalik ( 2008: 58